Jenis Layanan Dalam Media Sosial

Seperti yang sudah kita ketahui, media social merupakan golongan media yang terus menanjak dalam hal popularitas dalam hal penggunanya maupun popularitas dalam hal bisnis atau sebagai platform pendukung kegiatan marketing. Menurut Google, tren pencarian pada 10 tahun terakhir volume pencarian frasa “social media” terus meningkat, sementara dalam bahasa Indonesia , pencarian media social makin menanjak sejak tahun 2012.

 

Dengan media social, para pengguna dapat membangun percakapan, bahkan komunitas, karena media social ini juga dapat mempermudah pertemuan beberapa atau banyak orang dengan minat yang sama.

 

Jika ditanya apa saja layanan yang termasuk media social, kebanyakan orang akan menyebutkan Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, karena layanan tersebut sangat populer saat ini. Sebenarnya, media social terbagi menjadi beberapa bagian tergantung dari jenis layanannya, berikut ini adalah 6 jenis media social berdasarkan layanannya:

 

  1. Layanan Jejaring Sosial (Social Network)

Jenis layanan yang satu ini berfokus pada terbangunnya jejaring di antara penggunaannya untuk saling bertukar pesan, informasi, video, atau video. Model relasi dari jenis ini dengan cara Add atau Connect seperti Facebbok dan Lindkedin.

 

  1. Layanan Blog

Secara ringkas, blog dapat diartikan sebagai jurnal pribadi di internet untuk berbagi catatan atau pandangan dari penggunanya tentang banyak hal. Si pengguna biasanya disebut sebagai narablog (blogger) , contonya adalah WordPress, Blogger, Shoutbox blog.

 

  1. Layanan Blog Mikro (microblogging)

Meski penggunaannya sama dengan layanan blog, namun jenis layanan yang satu ini lebih ringkas hingga mempengaruhi alur interaksinya yang menjadi lebih cepat dibandigkan dengan blog, contohnya adalah Twitter.

 

  1. Layanan Forum

Layanan ini disa dibilang jenis media sosia klasik dan sudah dikenal sejak lama. Layanan ini biasa digunakan para pengguna untuk membicarakan hal atau topic spesifik dengan pengguna lain di dalam ruang diskusi, contohnya saja Kaskus, Quora, dll.

 

  1. Layanan Kolaborasi

Seperti namanya, layanan ini memberikan kesempatan para penggunanya untuk berkolaborasi dalam memuat, menyunting, atau mengoreksi konten. Contohnya adalah Wikipedia. Pemilik bisa membangun koneksi dengan para kontibutor pada layanan ini untuk menyajikan data dan informasi yang tepat terkait dengan konten yang ada agar konten tersebut tersaji secara spesifik dengan fakta yang ada.

 

  1. Layanan Berbagi Media (Media Sharing)

Kalau kita pernah menonton Youtube atau mendengar Soundcloud, keduanya merupakan layanan yang tergolong dalam jenis ini. Layanan jenis ini fokusnya adalah untuk berbagi konten media seperti foto, audio, ataupun video. Contohnya adalah Instagram, Flickr.

 

Ternyata layanan media social ada banyak dan bermacam-macam. Dengan bermacam konten yang ditawarkan pasti akan sangat sulit untuk membedakannya. Demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

About: lala majnun