Pentingnya Etika Sebagai Pedoman Dalam Berbisnis

Dalam dunia bisnis, etika menjadi elemen penting yang harus diperhatikan dan mencakup dalam berbagai aspek baik itu individu, perusahaan, maupun masyarakat.

Etika dalam bisnis dapat diartikan sebagai suatu pengetahuan mengenai norma-norma dalam mengelola bisnis dan moralitas yang berlaku secara universal, ekonomi, dan sosial. Hal ini juga yang dijadikan standar atau pedoman bagi semua karyawan di dalam perusahaan untuk menjadikannya sebagai pedoman dalam bekerja. 

Selain itu, etika yang baik akan membantu Anda dalam mengembangkan bisnis dengan lebih mudah. Dari penjelasan ini sangat terlihat jelas betapa pentingnya etika bisnis bukan?  Mari kita bahas lebih lanjut mengenai Etika Bisnis.

Salah satu prinsip etika bisnis adalah menjadikan bisnis menjadi suatu kegiatan yang beretika, sehingga dapat berjalan seiring dengan kaidah-kaidah etika, hukum dan peraturan yang berlaku. Dalam banyak hal, norma-norma dan kaidah etika yang berlaku tidak hanya baik untuk diterapkan pada bisnis, namun juga membantu kita untuk bertanggung jawab dan berperilaku baik pada masyarakat. Itulah mengapa etika bisnis dan tanggung jawab sosial selalu berjalan beriringan.

Etika Bisnis Sebagai Pedoman

Selain itu, etika bisnis dan profesi juga memiliki kaitan yang erat satu sama lain. Mengapa demikian? Karena etika bisnis dapat dijadikan sebagai pedoman yang sama untuk diterapkan pada individu dalam bekerja dan berperilaku sesuai dengan kaidah norma-norma dan nilai-nilai yang berlaku di dalam tempat kerjanya. Oleh karena itu, setiap individu yang terjun ke dalam dunia bisnis atau fokus pada profesinya harus membaca dan memahami makalah etika bisnis serta materi etika bisnis yang mungkin dimiliki masing-masing organisasi dan perusahaan. Tujuannya agar individu dapat memahami etika bisnis yang diterapkan tempat kerjanya masing-masing.

Belum lengkap rasanya jika Anda hanya memahami etika bisnis tanpa mengetahui tujuannya, lantas apa tujuan dari etika bisnis? Tujuan etika dalam berbisnis dapat dibagi menjadi beberapa bagian seperti:

  • Meningkatkan kesadaran moral,sehingga pebisnis bukan saja memikirkan keutnungandan kegiatan operasional, tapi juga nilai dan sikap yang harus dimiliki. Dengan adanya car aini maka perselisihan dapat dihindarkan.
  • Membuat batasan-batasan bagi para pelaku bisnis, merupakan etika yang harus dimiliki. Pembatasan inilah yang membuat bisnis dapat berjalan sesuai standard dan menghindari kecurangan.
  • Meningkatkan relasi yang baik dengan para stakeholder. Dengan cara sederhana ini maka secara tidak langsung hubungan yang terjalin akan awet , dan terjaga.
  • Memberikan motivasi kepada pelaku bisnis untuk dapat meningkatkan kemampuan. Karena adanya standard yang sudah berlaku, dan harus dipatuhi oleh seluruh pebisnis.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam membangun bisnis yang Anda impikan, Coach Tom hadir menjawab permintaan Anda. Sebagai peraih penghargaan Top 100 Best Coaching Company di dunia, Coach Tom adalah seorang pembelajar sejati yang selain mengadakan pelatihan bisnis, beliau seringkali berbagi ilmu bisnis melalui blog, social media dan media lain dengan lebih dari 400.000 followers. Bagi Anda yang masih kesulitan atau bingung dalam mengembangkan bisnis yang Anda miliki, Coach Tom menyediakan artikel bisnis di websitenya. Anda bisa klik selengkapnya untuk menemukan artikel-artikel bisnis lainnya. 

About: rahmat