Apa yang dimaksud dengan Press Release Perusahaan

https://www.sribu.com/id/cat/jasa-press-release

https://www.sribu.com/id/cat/jasa-press-release

Pada jaman yang serba maju ini, sudah banyak perusahaan yang mengandalkan press release atau biasa disebut sebagai siaran pers untuk memberikan pernyataan berupa promosi produk, jasa maupun hanya sekedar memberikan suatu informasi. Namun tahukah anda apa yang disebut dengan press release atau siaran pers perusahaan? Jika belum, mari kita bahas bersama- sama.

Apa itu press release perusahaan? Press release perusahaan atau siaran pers perusahaan merupakann suatu informasi yang dibuat atau disusun oleh seorang Public Relation (PR) atau Humas dari sebuah perusahaan untuk surat kabar atau media massa agar disampaikan kepada public. Secara sederhana, press release atau siaran pers ini adalah berita untuk surat kabar atau media massa. Google sendiri sering mengartikan press release sebagai pernyatan resmi yang berisi masalah tertentu untuk suatu surat kabar.

 

Struktur Press Release

Pada umumya press release perusahaan adalah sama dalam hal struktur dengan press release lainnya, yang membedakan hanyalah topic pembahasan atau informasi yang disajikan. Dalam membuat press release ini terdapat struktur yang umum pada press release lainnya yaitu:

 

  • Judul berita atau Head, hendaknya suatu judul mewakili dengan apa yang terdapat didalam tulisan siaran pers
  • Teras Berita atau Lead, pada bagian teras berita ini sebaiknya lebih mengedepankan subjek atau pelaku dengan menjawab pertanyaan 5W+1H yang terdiri dari apa, dimana, kapan, kenapa, siapa dan bagaimana
  • Isi berita atau Body, karena menggunakan teknik penyusunan piramida, maka penyusunannya bagian yang paling penting harus terdapat pada bagian paling atas dan secara berurutan bagian umum dan kurang penting dibawahnya

 

Selain struktur diatas, press release juga dapat di tambahkan beberapa hal seperti nama perusahaan atau instansi mana yang mengeluarkan pada bagian atasnya atau bagian judul. Beberapa hal yang harus diperhatikan seorang Humas dalam menulis siaran pers adalah:

 

  1. Bagian atas naskah, pada bagian ini anda harus menjelaskan apakah naskah untuk segera ditayangkan atau pada tanggal tertentu saja
  2. Gunakan headline atau judul press release yang menggambarkan isi dari siaran pers yang ada
  3. Pada baris tanggal harus memuat nama kota serta tanggal
  4. Jangan cantumkan hal- hal yang berkaitan dengan instansi ataupun lembaga anda pada bagian akhir naskah
  5. Berikan informasi kontak pada bagiak akhir naskah
  6. Terakhir adalah anda harus menyantumkan nama, alamat instansi, fax, nomor telepon, email, situs, maupun kontak person yang dapat dihubungi agar para [embaca dapat menghubungi jika ada yang ingin ditanyakan atau pun tertarik dengan siaran pers anda.

Berikut ini adalah contoh dari siaran pers atau Press Release Perusahaan

 

PERTAMINA

 

Siaran Pers

Bersama WIKA, Pertamina Kembangkan Bisnis Aspal hybrid di Indonesia

Sabtu (21/04/2019), PT Pertamina (Persero) bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk bersama-sama pengembangan bisnis aspal hybrid di Tanah Air seiring pertuhan pangsa pasar aspal yang terus tumbuh dalam laju pembangunan infrastruktur nasional.

Penandatanganan MoU langsung dilakukan oleh Direktur Pengolahan Pertamina Rachmad Hardadi, sedang dari pihak WIKA langsung datang Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo. MoU dilakukan di Kantor Pusat Pertamina di Jakarta, disaksikan oleh Menteri PU Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Rini M. Soemarno dan Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto bersama jajaran direksi dari kedua perusahaan.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan kapasitas produksi aspal Pertamina bisa meningkat menjadi 600.000 ton per tahun. Lalu ditambah potensi aspal alam dari WIKA sebanyak 300.000 ton per tahun. Dengan begitu kalau ditotal kapasitas produksi total aspal bisa mencapai 900.000 ton per tahun. Kapasitas tersebut setara dengan 75% kebutuhan aspal nasional.

Media Contact

Wianda Pusponegoro

VP Corporate Comunication

PT Pertamina (Persero)

0824984947

[email protected]

 

 

About: lala majnun